Profile

DAFTAR ISIAN PROFIL PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS RIAU

  1. Nama Program Studi              : Program studi Pendidikan Profesi Guru
  2. Akreditasi                               : Baik
  3. SK Akreditasi                         : 764/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PP/II/2021
  4. Tanggal Akreditasi                 : 10 Februari 2021
  5. Tanggal Berlaku Akreditasi   : 10 Februari 2021 sampai 10 Februari 2026
  6. Alamat                                    : Kampus Binawidya Km12.5 Simpang Baru Kecamatan

  Tampan

  • Kode pos                                 : 28292
  • Kabupaten/kota                      : Pekanbaru
  • Lintang                                    : 0,47432    N 002827,54
  • Bujur                                       : 101,38093      E   101022’51,342
  • Nomor Telepon                      : 08127530788
  • Nomor Faximile                     :
  • Alamat Email                         : unrippg@gmail.com
  • Website                                   : https://ppg.fkip.unri.ac.id/
  • Gelar yang diberikan              : Gr
  • Deskripsi Singkat Program Studi       :

Program PPG FKIP UNRI pertama kali dimulai pada Tahun 2013 berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17g/DIKTI/Kep/2013 tetang penetapan perguruan Tinggi penyelenggara Rintisan Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan. Tahun 2018 Menteri Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia menetapkan Program studi PPG FKIP Universitas Riau berdasarkan surat Keputusan Nomor 784/KPT/I/2018 dengan tujuh bidang studi diantaranya: Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Penjaskesrek, Pendidikan Sejarah dan PGPAUD. Program studi PPG FKIP Unri Menyiapkan Mahasiswa Menjadi Guru profesional yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki panggilan jiwa,  memiliki penampilan mempesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang  mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan

  1. Visi                                         : Program Studi Pendidikan Profesi Guru yang Unggul,

  Bermartabat dan Berdaya Saing Global Berbasis Riset di Asia Tenggara Tahun 2035

  1. Misi                                         :
  2. Menyelenggarakan pendidikan profesi guru yang kreatif dan inovatif berbasis riset dengan mengintegrasikan teknologi informasi, content knowledge, dan pedagogik dalam proses pembelajaran.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengembangan profesionalisme guru yang berkelanjutan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama secara lokal, nasional, dan internasional serta memperkuat networking di bidang profesionalisme guru.
  5. Kompetensi Prodi            :

Guru profesional yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki panggilan jiwa,  memiliki penampilan mempesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang  mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan.

  •  Capaian Pembelajaran

Berdasarkan rumusan capaian pembelajaran lulusan program profesi pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup sikap dan keterampilan umum serta empat kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial, maka dapat dirumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi PPG yang terintegrasi dan komprehensif yang disebut sebagai CPL generik. Rumusan CPL Prodi PPG tersebut, yaitu sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan kompetensi sebagai berikut:

  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian;
  2. Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel);
  3. Menguasai materi ajar termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari;
  4. Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pendekatan lain yang relevan;
  5. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
  6. Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran; dan
  7. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi.
  • Nama                                      : Dr. Elfis Suanto, M.Si
  • Jabatan                                   : Koordinator Program Studi PPG
  • No. SK Penugasan                  : /UN19/KP/2023
  • Tanggal mulai Penugasan       : –
  • Tanggal selesai penugasan     : –
Sites We Follow